KOMBINASI LIMBAH BATU BARA DAN LIMBAH CANGKANG KOPI SEBAGAI ADSORBEN DALAM MENURUNKAN KADAR MANGAN (Mn) PADA AIR SUMUR GALI

  • riang adeko sanitasi
Keywords: Kata Kunci: Adsorben, Limbah Batu Bara, Limbah Cangkang Kopi, Kadar Mangan, Sumur Gali

Abstract

 

KOMBINASI LIMBAH BATU BARA DAN LIMBAH CANGKANG KOPI SEBAGAI ADSORBEN DALAM MENURUNKAN KADAR MANGAN (Mn)

PADA AIR SUMUR GALI

Riang Adeko, Defi Ermayendri,

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu, Jurusan Kesehatan Lingkungan,

Jalan Indragiri Nomor 3 Padang Harapan Bengkulu

keslingpoltek@gmail.com

Air yang meresap ke dalam tanah sebagian mengalir di dalam tanah (perkolasi) mengisi air tanah yang kemudian keluar sebagai mata air atau mengalir ke sungai. Akhirnya aliran air di sungai akan sampai ke laut. Proses tersebut berlangsung terus menerus yang disebut dengan siklus hidrologi (Triatmadja, 2008 dalam Mampuk CR, 2014). Air digunakan oleh manusia untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, cuci, kakus, dan sebagainya. Survey awal yang dilakukan pada tanggal 08 Mnbruari 2018 di sumur gali warga RT. 04 RW. 03 Kelurahan Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu setelah dilakukan pengukuran diperoleh Mangan (Mn) 1,39 mg/L. Dari hasil pengukuran pada survey awal diketahui bahwa air sumur gali warga RT.04 RW.03 Kelurahan Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu masih melebihi ambang batas yang dipersyaratkan oleh Permenkes RI No.32 Tahun 2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kadar Mn sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan variasi ketebalan kombinasi batubara dan cangkang kopi 20 cm, 30 cm, dan 50 cm serta untuk mengetahui variasi ketebalan paling eMnktif untuk menurunkan kadar Mn.

Jenis penelitian ini menggunakan metode semi eksperimen (Quasi Experimental)  dengan desain post test with control group, yaitu penelitian dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Kemudian dicari perbedaan antara pengukuran dari keduanya dan perbedaan ini dianggap sebagai akibat perlakuan.

Hasil penelitian diperoleh variasi ketebalan paling eMnktif untuk menurunkan kadar Mn adalah dengan ketebalan 50 cm yang dapat menurunkan kadar Mangan (Mn) hingga 55,25 %.

 

 

 

Published
2020-06-16