HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI PUSKESMAS PADANG SERAI KOTA BENGKULU

perkembangan anak

  • Sysca Syaputry Universitas Bengkulu
  • Asmariyah Asmariyah Universitas Bengkulu
  • Linda Yusanti Universitas Bengkulu
  • Dara Himalaya Universitas Bengkulu
  • Novianti Novianti Universitas Bengkulu
Keywords: Motivasi, Pengetahuan, Perkembangan anak pra sekolah

Abstract

Anak prasekolah mengacu pada usia 5-6 tahun. Jumlah anak pra-sekolah di Indonesia sekitar 21.990 ribu jiwa. Namun, dari jumlah tersebut, Indonesia tidak terlepas dari permasalahan kesehatan yaitu 56,34 % anak prasekolah mengalami keterlambatan perkembangan. Pengetahuan  ibu  baik  dan  cukup  dapat  mempengaruhi  sikap  dan perilaku  ibu  dalam  memberikan  stimulasi  pada  anaknya . Selain pengetahuan ibu, motivasi ibu merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan perkembangan pada anaknya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perkembangan anak pra sekolah di Puskesmas Padang Serai Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang adalah penelitian survey analitik yaitu dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel 43 responen diambil dengan teknik accidental sampling, pengumpulan data menggunakan data primer, diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan analisis chi-square.

Hasil penelitian ini adalah dari 43 responden terdapat 2 anak usia pra sekolah dengan perkembangan penyimpangan, 12 ibu dengan pengetahuan kurang, 26 ibu mempunyai motivasi yang kurang baik terhadap perkembangan anak usia pra sekolah. Hasil analsis bivariat menunjukkan bawha ada hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di Puskesmas Padang Serai Kota Bengkulu.

Simpulan dari penelitian ini adanya hubungan antara pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perkembangan anak prasekolah di Puskesmas Padang Serai Kota Bengkulu. Bagi puskesmas diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masayarakat dengan meningkatkan peran petugas kesehatan terutama bidan dalam upaya kesehatan anak dalam memberikan penyuluhan kepada ibu balita terkait perkembangan pada anak, dengan cara memberikan penyuluhan yang kontinyu pada ibu yang mempunyai balita.

Kata kunci:Pengetahuan, Motivasi, perkembangan anak prasekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-31
How to Cite
Syaputry, S., Asmariyah, A., Yusanti, L., Himalaya, D., & Novianti, N. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI PUSKESMAS PADANG SERAI KOTA BENGKULU. JURNAL MEDIA KESEHATAN, 16(2), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.33088/jmk.v16i2.998