A. Nama Jurnal

JPKM PUSTINGKIA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 

B. Ruang lingkup jurnal

1. Fokus dan Ruang Lingkup

Pustingkia Jurnal Pengabdian Masyarakat menerbitkan makalah dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0. Ruang lingkup jurnal adalah bidang kesehatan (Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Promosi Kesehatan, Sanitasi, Teknologi Laboratorium Medis, Promosi Kesehatan dan Farmasi). Topik yang dibahas dalam jurnal memberikan perhatian khusus, pada:

a) Keperawatan: pelayanan profesional berupa pemenuhan kebutuhan dasar yang diberikan kepada individu yang sehat maupun sakit.

b) Kesehatan: keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.

c) Gizi : Pelayanan Gizi, Edukasi gizi, dan tata cara diet dan teknologi hingga menyelenggarakan administrasi pelayanan gizi

d) Promosi Kesehatan: Fungsi promotor dalam peningkatan kesehatan masyarakat, pendekatan pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan di masyarakat.

e) Sanitasi: Pembinanaan kesehatan lingkungan mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih, pemanfaat sampah dan perilaku kesehatan lingkungan.

f) Nutrisi: zat dalam makanan yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh secara optimal.

g) Pendidikan Kesehatan: proses kemampuan individu dalam meningkatkan dan memperbaiki kesehatan individu.Promosi Kesehatan: proses  peningkatan kapasitas individu dalam mengendalikan diri dan lingkungan untuk perbaikan status kesehatan.

h) Kebijakan Kesehatan: sekumpulan aturan, regulasi yang dibuat untuk tujuan peningkatan kualitas kesehatan.

i) Kesehatan Rumah Sakit: perangkat kesehatan untuk pengelolaan dan peningkatan layanan rumah sakit.

j) Teknologi laboratorium medik: Pelayanan laboratorium kesehatan yang ditujukan terhadap individu maupun kelompok untuk mengetahui keadaan tubuh seseorang terhadap kondisi suatu penyakit.

k) Teknologi dan Informasi Kesehatan: seperangkat informasi,  teknik-teknik, obat-obatan, prosedur yang digunakan oleh profesional kesehatan dalam memberikan pelayanan.

l) Terapi Komplementer: terapi non-konvensional yang berbasis pada kearifan budaya lokal dan nasional